Detail Publikasi Berita

SMAN 1 TANJUNGSARI

0 komentar
SMAN 1 Tanjungsari Tempuh Pendidikan Bela Negara Di Rindam IV Diponegoro
blog
SMAN 1 Tanjungsari Tempuh Pendidikan Bela Negara Di Rindam IV Diponegoro

 

 

MAGELANG(SMANTASA JURNALISTIK) Salah satu unsur pendidikan yang dikedepankan SMAN 1 Tanjungsari adalah penguatan karakter kebangsaan. Guna mencapai penguatan karakter kebangsaan, SMAN 1 Tanjungsari melakukan berbagai upaya, salah satunya dengan melaksanakan pendidikan bela negara di Resimen Induk Kodam (Rindam) IV Diponegoro Magelang.

Pendidikan bela negara bagi para siswa yang diselenggarakan di Rindam IV Diponegoro seakan telah menjadi tradisi SMA ini. Setelah sukses pada tahun pelajaran lalu, pada awal tahun pelajaran 2017/2018 SMAN Negeri 1 Tanjungsari kembali mengirimkan ratusan siswa baru ke  tempat yang sama untuk menempuh pendidikan nilai-nilai karakter bangsa dan bela negara. Selama tiga hari siswa harus menempuh berbagai materi pendidikan guna meningkatkan rasa nasionalisme tinggi.

Kegiatan yang  telah dilaksanakan dari hari Senin (24/7/2017) hingga Rabu (26/7/2017) ini diharapkan pada diri siswa dapat tertanam nilai-nilai karakter bangsa serta pendahuluan bela negara yang berupa nilai kedisiplinan, kejujuran, serta mampu menghormati orang tua, guru, serta rasa cinta pada almamater dan bangsa.

Letkol Dodit Susanto, Komandan Depo Bela Negara Rindam IV Diponegoro berpesan agar semua peserta Didik mampu menjaga keutuhan NKRI dan Kebhinekaan Indonesia, “mengingat kondisi sekarang maka kami berpesan melalui kegiatan ini agar generasi muda bisa lebih mencintai bangsa dan negara,” ujarnya, Rabu (26/7/2017)

Sementara Comed Sudarsono MPd, Kepala Sekolah SMAN 1 Tanjungsari, yang menyatakan bahwa penanaman karakter bangsa perlu dilakukan dengan cara profesional sehingga hasilnya dapat dirasakan secara nyata. Imbuhnya, melalui kegiatan ini siswa bisa memperoleh pengalaman baru dalam suasana yang baru tentang wawasan nusantara, kerjasama, disiplin, serta membuka cakrawala baru tentang kehidupan di masa depan yang akan dihadapinya.

Comed menambahkan bahwa kegiatan ini akan terus berlanjut di tahun yang akan datang mengingat besarnya manfaat bagi siswa.

“Kami merasakan adanya kedisiplinan pada diri siswa melalui kegiatan ini. Hal ini bisa dilihat dalam pelaksanaan pembelajaran sehari-hari di sekolah. Ke depannya, kegiatan ini akan menjadi agenda tahunan” katanya.

Rindam IV Diponegoro merupakan komando pelaksana yang bertugas menyelenggarakan pendidikan pertama Bintara/Tamtama serta menyelenggarakan dan memberikan asistensi latihan kepada satuan jajaran Kodam IV Diponegoro. Selain itu resimen ini juga sebagai pengajar, pengawas, pengembangan atau pengaturan daerah latihan di wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta sehingga dinilai sangat tepat dijadikan tempat pendidikan karakter dan bela negara.


Berita lain terkait #Pendidikan