Detail Publikasi Berita

SMAN 1 TANJUNGSARI

0 komentar
Siswa SMA N Tanjungsari Siap Hadapi Lima Hari Sekolah
blog
Siswa SMA N Tanjungsari Siap Hadapi Lima Hari Sekolah

TANJUNGSARI, (Smantasa News)– Selama dua pekan terakhir ini siswa SMA N 1 Tanjungsari telah melaksanakan program 5 sekolah. Siswa yang biasanya belajar hingga hari Sabtu dalam sepekan, kini hanya masuk sekolah hingga hari Jumat saja.

Penerapan regulasi ini berakibat jumlah jam pelajaran dalam sehari menjadi bertambah banyak. Siswa dituntut untuk bisa belajar hingga sekitar pukul 15.30 WIB.

Kepala Sekolah SMA N 1 Tanjungsari, Sri Sunardiyanto, M.Pd berpesan agar seluruh siswa siap untuk menghadapi regulasi lima hari sekolah. Regulasi tersebut dilakukan secara bertahap, yang akan dilaksanakan pada semester  dua tahun 2018. Aturan tentang lima hari sekolah tersebut merupakan hal teknis yang dapat dipilih satuan pendidikan, dengan mempertimbangkan kemampuan dan ketersediaan sumber dayanya.

Masyarakat juga diminta tidak terjebak pada perdebatan tentang regulasi lima atau enam hari sekolah, namun diharap bisa berpikir kembali pada semangat penguatan karakter melalui program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK).

“Saat ini sudah ada sekolah-sekolah percontohan yang menerapkan PPK di berbagai wilayah di DIY, mereka melaksanakan kegiatan pembelajaran selama lima hari di sekolah dan berhasil dengan baik.” kata kepala sekolah dalam apel pagi Selasa, (2/12/2018).

Banyak yang berpandangan bahwa regulasi lima hari sekolah dianggap sama dengan full day school. Padahal regulasi lima hari sekolah bukan berarti siswa harus belajar di dalam kelas terus-menerus, akan tetapi, ada beragam aktivitas belajar yang dilakukan dengan bimbingan dan pembinaan guru.


Berita lain terkait #Pendidikan